Lima Makanan Yang Dapat Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit

makanan sehat

Menjelang pergantian musim seperti sekarang ini, sebagaimana orang sering menyebutnya dengan musim pancaroba. Banyak sekali orang di sekitar kita, bahkan mungkin salah satu teman atau saudara kita terserang flu, batuk , demam, dan pusing.

Sehingga akan mengganggu aktifitas kita sehari – hari seperti harus ke kantor, ke sekolah ataupun aktifitas di luar ruang lainnya.

Berikut ini lima makanan yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh yang mudah dikonsumsi dan mudah peroleh di sekitar kita, sehingga kita terhindar dari serangan penyakit tersebut diatas :

1. Lemon

Lemon kaya akan senyawa yang disebut bio-flavonoid, yang membunuh radikal bebas penyebab kanker. Lemon juga mengandung vitamin C yang bisa memenuhi setengah dari kebutuhan harian. Mengonsumsi jus lemon atau lemon dengan teh hangat adalah strategi mudah untuk melindungi tubuh dari flu atau infeksi lainnya.

2. Apel

Menurut sebuah penelitian di tahun 2015, orang yang makan apel setiap hari lebih jarang sakit, lebih sedikit muncuk gejala asma. Dan karena kaya akan serat, apel juga dapat membantu mengurangi peradangan yang menjadi infeksi.

3. Bawang putih

Mungkin aromanya menyengat, tapi ternyata bawang putih bermanfaat untuk mencegah infeksi. Para ilmuwan mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menangkal masuk angin, serta mengurangi risiko kanker perut, kolon, dan esofagus.

4. Grapefruit

Buah jeruk besar yang kulitnya oranye dan buahnya berwarna merah ini mengandung lebih dari 60 persen kandungan vitamin C harian. Buah ini dapat membantu tubuh menyerap nutrisi penting seperti zat besi. Jika teratur mengonsumsi makanan ini mungkin bisa mengurangi gejala pilek.

5. Jahe

Jahe sangat direkomendasikan untuk mengobati mual. Antioksidan di dalamnya berfungsi sebagai anti-peradangan. Kajian terbaru dari 60 penelitian menemukan bahwa jahe yang mengandung beta-karoten dan capsaicin ini mungkin memiliki efek menguntungkan, yaitu mencegah penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Demikian share tips kesehatan kali ini semoga bermanfa'at, kalau berkenan tinggalkan komentar



Sumber detik.com periode agustus 2018

Seorang Pengajar Pada Sekolah Menengah Atas Di Jawa Tengah dan Penulis Free line Pada Blog.. Blog ini sebagai wujud sumbangsih pada dunia Pendidikan dan sebagai langkah nyata dalam membantu dan melengkapi sumber referensi bagi siapapun yang membutuhkannya. Siap Berbagi, Siap Belajar, dan Pembelajaran

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »