DIET RENDAH CHOLESTEROL DAN LEMAK TERBATAS


Tahukah Anda sebenarnya Cholesterol dibutuhkan oleh tubuh?, tubuh membutuhkan zat ini untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan.

Cholesterol bergerak melalui aliran darah dalam bentuk lipoprotein, dimana lipoprotein terbuat dari lemak di bagian dalamnya dan protein di bagian luarnya.

Terdapat dua jenis lipoprotein yang membawa Cholesterol ke seluruh tubuh , yaitu:

a. Low density lipoprotein (LDL) sering dikenal sebagai Cholesterol jahat.

Penumpukan LDL yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) tersumbat. Hal ini kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

b. High density lipoprotein (HDL) dan dikenal sebagai Cholesterol baik.

HDL membawa kolesterol dari bagian tubuh lain kembali ke hati. Kemudian oleh hati, zat ini akan dipecah dan dihilangkan dari tubuh. Jumlah HDL yang lebih tinggi daripada LDL dalam tubuh merupakan hal yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mencegah Anda dari penyakit kronis.

Kadar Cholesterol dalam tubuh.

Kadar Cholesterol dikatakan normal jika kadar LDL dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dl, dan akan membahayakan kesehatan bila kadarnya mencapai 160 mg/dl atau lebih. Sedang kadar HDL yang baik dalam tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih, dan dapat dikatakan rendah bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.

Untuk kadar Cholesterol total yang normal dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih.
Sedangkan kadar trigliserida yang baik dalam darah adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.

Kadar cholesterol tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis, di mana penumpukan plak terjadi di dinding pembuluh darah arteri. Hal ini dapat menyumbat aliran darah sebagian atau seluruhnya dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Dan jika aterosklerosis terjadi pada pembuluh darah arteri yang memasok darah ke jantung (arteri koroner), biasanya ditandai dengan merasa nyeri dada (angina) dan gejala penyakit jantung koroner lainnya.

Salah satu upaya untuk menanggulangi atau mencegah pengaruhnya lebih jauh dari Cholesterol berlebih ini, maka dapat dilakukan pengaturan pola makan dengan melakukan diet rendah cholesterol dan lemak terbatas.

Apakah maksud diet ini

1. Menurunkan kadar cholesterol darah
2. Menurunkan berat badan yang gemuk.

Tujuan Diet ini

1. Penggunaan lemak di batasi
2. Sebagian lemak yang digunakan berjenis tak jenuh
3. Penggunaan bahan makanan yang mengandung cholesterol dibatasi
4. Bila terlalu gemuk, jenis kalori dibatasi.
Makanan yang mengandung lemak jenuh

1. Lemak hewani seperti sapi , babi, kambing, susu full cream, keju, mentega
2. Lemak nabati seperti kelapa, minyak kelapa/barco, margarine, cacao, dan alpokat

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh
Hampir seluruhnya berasal dari tumbuh tumbuhan, seperti minyak kacang, tanah, minyak biji matahari, minyak biji kapas, minyak jagung dan minyak kedelai.

Makanan yang mengandung cholesterol

Bahan makanan yang berasal dari hewan seperti otak, kuning telur, ginjal, hati, limpa, jantung, daging, kerang, udang, kepiting, minyak ikan, minyak babi, susu full cream dan olahan susu ( menega, keju dll).

Bagaimana mengatur diet ini ?

1. Hindari penggunaan minyak kelapa, lemak hewan (gajih), mentega,, dan sebagai gantinya gunakan minyak kacang, minyak bunga matahari atau minyak jagung dalam jumlah yang sudah di tentukan

2. Batasi penggunaan daging hingga 3 X seminggu seminggu. Paling banyak 100 gram tiap kali. Makanlah daging ayam sebagi pengganti. Hindarkan penggunaan hati, limpa otak, ginjal, jantung, daging kambing, daging babi, ham, sosis, , jenis kerang, susu jenuh dan hasil olahannya.

3. Gunakan susu skim sebagai pengganti susu jenuh.
4. Batasi penggunaan kuning telur hingga 3 X seminggu
5. Gunakan tahu tempe dan olahan nya
6. Batasi penggunaan gula baik pada makanan dan minuman seperti syrup, coca cola, limun, permen, dodol, coklat, kolak, es cream dan lainnya
7. Makanlah banyak sayuran dan buah buahan.

Bagaimana sebaiknya cara memasak yang disarankan

1. Bila memasak daging pilihlah daging yang kurus dan keluarkanlah bagian bagian yang berlemak terlebih dahulu
2. Cara memasak yang baik adalah dengan direbus, di kukus, di ungkep, di tumis, dipanggang atau dibakar
3. Sebagian dari sayur sebaiknya dimakan mentah atau sebagai lalapan.

Berikut ini contoh menu sehari - hari yang dapat di konsumsi.


Demikian penjelasan singkat tentang diet rendah cholesterol dan lemak yang bisa saya uraikan semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda semua yang membutuhkan. Untuk lebih jelasnya tentang hal ini Anda bisa konsultasi dengan dokter atau ahli.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman anda yang membutuhkan



Sunber : Instalasi Gizi RSUD Ajibarang.


#Diet Rendah Cholesterol
#Pencegahan Stroke
#Tips Kesehatan Jantung

Seorang Pengajar Pada Sekolah Menengah Atas Di Jawa Tengah dan Penulis Free line Pada Blog.. Blog ini sebagai wujud sumbangsih pada dunia Pendidikan dan sebagai langkah nyata dalam membantu dan melengkapi sumber referensi bagi siapapun yang membutuhkannya. Siap Berbagi, Siap Belajar, dan Pembelajaran

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »