7 Faktor Yang Wajib Ada Dalam Mengembangkan Platform Bisnis Online


Maraknya perkembangan bisnis online dewasa ini, yang boleh dikatakan sudah semakin menyentuh semua kalangan. Mulai anak – anak sampai orang dewasa, pelajar sampai ibu rumah tangga. Menunjukkan bahwa kedepan bisnis online merupakan alternatif usaha yang sangat menjanjikan. Hal ini bisa kita lihat semakin menjamurnya e-comerce, channel konten youtube dan website comerce ,baik sebagai konten jasa ataupun konten earn money.

Berdasarkan pengalaman surfing di dunia maya selama ini, untuk membangun bisnis online yang berupa website e-comerce , agar dapat berkembang dan bertahan serta kompetitif. Maka menurut hemat saya harus memiliki setidaknya tujuh faktor Platform berikut:

1. Kemudahan untuk menjadi anggota

Pada sebuah website e-comerce keanggotaan merupakan bagian yang sangat penting, karena melalui anggota inilah bisnis yang dibangun diharapkan dapat berkembang.
Bahkan salah satu tanda bahwa jaringan bisnis ini berkembang jika semakin banyak anggota dan itu artinya semakin banyak orang yang berkunjung ke website ini atau dengan kata lain semakin traffic nya tinggi menandakan bisnis ini berkembang dan maju pesat.
Sehingga salah satu kunci utamanya adalah kemudahan bagi siapa saja untuk menjadi anggotanya atau tanpa harus membayar untuk menjadi anggotanya. (free register)

2. Banyaknya pilihan cara untuk mendapatkan earn money

Terlepas mau menggunakan point atau satuan apapun yang dipakai sebagai tanda banyaknya pendapatan yang dapat dihasilkan,
sebuah website e-comerce akan lebih dapat menarik peminat atau pengunjungnya untuk mau menjadi anggota salah satunya adalah terdapatnya banyak pilihan cara untuk mendapatkan penghasilan yang diakumulasikan hingga pada batas tertentu dapat ditarik atau ditukar sebagai pendapatan yang dihasilkan setelah melakukan kerja keras dan keuletannya melakukan berbagai metode untuk menghasilkan uang. Seperti membuka halaman website yang dipromosikan (mengunjungi pengiklan), mengerjakan survey, melakukan register, main game atau menonton video dan lain lainnya.
Dan hal tersebut dapat dilakukan tanpa banyak kerumitan yang harus dilalui. Dengan demikian akan membuat anggotanya dapat bertahan lama dan tidak merasa bosan untuk menjalankan treatment yang diminta.

3. Tersedianya panduan untuk melakukan aktivitas bisnis

Panduan adalah langkah - langkah penting yang harus dilakukan bagi siapa saja yang telah mendaftar menjadi anggota suatu komunitas bisnis online, keberadaannya sangat dibutuhkan bagi anggotanya yang ingin berhasil dalam menjalani bisnis tersebut.
Dengan panduan yang jelas dan rinci akan memotivasi setiap anggotanya untuk terus mencoba dan mau melakukan bisnis yang dikembangkan. Ingat panduan yang jelas dan rinci menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi anggota yang masih belum paham betul dalam menjalankan bisnis tersebut.
Jadi faktor sangat memungkinkan sebuah bisnis menjadi berkembang dan bertahan lama.

4. Tersedianya banyak cara untuk mendapatkan bonus

Salah satu daya tarik yang sangat dicari banyak orang adalah bonus dalam setiap perlakuan apapun terutama kaitannya dengan urusan bisnis, tidak terkecuali dalam bisnis online ini.
Karena bonus adalah daya terik yang sangat menjanjikan dan menjadi daya tarik tersendiri, terlebih jika cara untuk mendapatkan bonus tersebut merupakan cara yang tidak rumit dan sulit untuk dilakukan, seperti bonus log in harian, bonus membuka setiap halaman yang disediakan, bonus merekrut anggota baru (affiliasi), bonus dapat memasang iklan di website tersebut dan lain – lain yang pada prinsipnya dapat membesarkan dan mengembangkan bisnis online tersebut.

5. Tersedianya ruang untuk testimoni.

Sebuah website e-comerse (bisnis) akan dapat berkembang jika mendapatkan kepercayaan dari para penggunanya. Karena kepercayaan ini menjadi salah satu kunci utama yang sangat menentukan, maka sebuah website e-comerce wajib menyediakan ruang testimoni bagi para anggotanya untuk menyampaikan capaian dan prestasi serta kelebihan – kelebihan yang didapatkan dari melakukan bisnis di website tersebut. Dengan semakin banyaknya testimoni yang disampaikan maka akan semakin menarik setiap pengunjungnya untuk ikut menjadi anggota dan melakukan bisnis di platform ini.
Jadi tersedianya ruang testimoni menjadikan faktor yang penting dalam sebuah website e-comerce tersebut.

6. Tersedianya forum diskusi bagi anggotanya

Faktor keenam ini juga menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya untuk mengembangkan sebuah bisnis online pada website e-comerce ini.
Mengapa demikian?. Hal ini tentu sangat membantu bagi website bisnis ini untuk terus berkembang dan dapat bertahan lama. Karena melalui forum ini sangat mendukung dan membantu bagi para anggotanya untuk melakukan sharing antar satu anggota dengan anggota yang lainnya, dengan demikian secara tidak langsung akan terjadi pembelajaran antar anggota dalam meningkatkan pemahaman dan terjadi proses pencerahan yang semakin memotivasi anggotanya terus melakukan dan mencoba hal – hal baru yang sebelumnya tidak dapat dipahami.
Dengan demikian forum diskusi ini menjadi bagian yang urgent dalam sebuah website e-comerce ini.

7. Tersedianya cara untuk mendapatkan tiket pengajuan pertanyaan

Faktor terakhir ini menjadi pelengkap yang semakin memudahkan bagi para anggotanya untuk terus meningkatkan pemahaman dan mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan serta terpercaya untuk tetap bertahan dalam melakukan bisnis online disini.
Artinya semua kebingungan dan ganjalan yang dirasakan selama menjalankan bisnis online di website ini menjadi terjawab atau tercairkan dan sekaligus menjawab serta memberikan arahan untuk terus bertahan atau sebaliknya.
Jadi kemudahan untuk mengajukan pertanyaan menjadi salah satu faktor penentu dalam sebuah bisnis online (e-comerce) untuk terus berkembang dan bersaing dengan lainnya.

Nah demikian tadi artikel tentang faktor - faktor yang harus tersedia dalam sebuah website e-comerce dalam menjalankan bisnis online . walaupun semua nya kembali lagi kepada pengelolanya sendiri, karena saya kira masing masing memiliki strategi dan metode yang berbeda beda.
Namun demikian bagi para pebisnis online pemula tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan 7 faktor tersebut.
Jika artikel ini bermanfaat Alhamdulillah dan silahkan bagikan untuk teman lainnya.
Terimakasih.

Seorang Pengajar Pada Sekolah Menengah Atas Di Jawa Tengah dan Penulis Free line Pada Blog.. Blog ini sebagai wujud sumbangsih pada dunia Pendidikan dan sebagai langkah nyata dalam membantu dan melengkapi sumber referensi bagi siapapun yang membutuhkannya. Siap Berbagi, Siap Belajar, dan Pembelajaran

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »