20 SOAL URAIAN DAN BAHAN DISKUSI MANAJEMEN PESERTA DIDIK

Banyak kalangan hanya memahami bahwa manajemen peserta didik adalah sekedar mengurusi “pendataan peserta didik”, sehingga tugas utama dari pengelolaan peserta didik belum tersentuh dan berkembang dengan optimal.Manajemen peserta didik, sebenarnya merupakan upaya manajerial kepala sekolah untuk membantu atau memfasilitasi guru mewujudkan empat pilar pembelajaran di sekolah, yaitu (I) learning to know, (2) learning to do, (3) learning to live together, dan (4) learning to be.

Dalam posting kali ini akan di paparkan contoh soal Uraian tentang Manajemen Peserta Didik, sekaligus dapat dijadikan bahan diskusi untuk memperkaya dan mempertajam penguasaan materi tentang Manajemen Peserta Didik yang mencakup : Pengertian dan Latar Belakang Manajemen Peserta Dididk, Perilaku Peserta Didik yang Berkarakter, Ruang Lingkup Kegiatan dalam Manajemen Peserta Didik, dan Perencanaan dan Penerimaan Peserta Didik Baru.

20 Contoh Soal uraian yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1.      Kegiatan dan proses dalam manajemen peserta didik tidak ubahnya seperti manajemen unsur pendidikan lainnya, seperti manajemen sarana dan prasarana, manajemen kurikulum dan manajemen keuangan. Apakah pernyataan tersebut benar? Apa alasan anda?

2.      Di daerah terpencil dan terisolir di Indonesia masih terdapat anak-anak usia sekolah yang belum memperoleh kesempatan untuk belajar. Upaya apa yang dapat dilakukan oleh penyelenggara pendidikan (satuan pendidikan, pemerintah kabupatenlkota, pemerintah provinsi, atau pemerintah pusat) untuk membuat agar mereka memperoleh layanan pendidikan?

3.      Di kota-kota banyak sekolah yang mempunyai fasilitas pembelajaran yang sangat memadai. Sementara itu, sekolah-sekolah di daerah terpencil masih banyak yang kekurangan fasiiitas pembelajaran. Apa komentar anda tentang pemerataan pendidikan di tanah air kita ini?

4.      Pendidikan karakter hanya dapat dilaksanakan dengan efektif apabiia sekolah-sekolah memiliki fasilitas pembelajaran yang lengkap. Benarkah pernyataan tersebut? Apa alasan anda?

5.      Peserta didik visual pada umumnya dapat belajar lebih efektif dibandingkan dengan auditorial dan lunestetik. Benarkah pernyataan tersebut, dan apa alasan anda?

6.      Peserta didik SD atau SMP sebenarnya merupakan bentuk miniatur dari orang dewasa yang mempunyai tubuh kecil. Sifat dan tingkah lakunya linier dari waktu kanak-kanak ke dewasa. Benarkah pernyataan tersebut? Berikan alasan!

7.      Peserta didik dari keluarga yang tidak harmonis (misalnya broken home) cenderung memengaruhi tingkah laku peserta didik saat di sekolah. Upaya apa yang dapat dilakukan guru, kepala sekolah atau teman sebaya untuk mengurangi darnpak tersebut?

8.      Sekolah merupakan rumah kedua dari peserta didik. Setujukah anda dengan pernyataan tersebut? Apa yang dapat dilakukan 'rumah kedua' tersebut dalam membentuk karakter peserta didik?

9.      Nilai-nilai karakter seperti apa sajakah yang dapat diperoleh peserta didik saat belajar di dalam kelas? Adakah perilaku guru di kelas memengaruhi pembentukan karakter peserta didik?

10.  Upaya apakah yang dapat dilakukan guru untuk membentuk karakter peserta didik pada saat pembelajaran di kelas?

11.  Pendapat para ahli tentang ruang lingkup manajemen peserta didik pada umumnya berbeda. Bagaimana anda mengambil kesimpulan dari perbedaan-perbedaan tersebut?

12.  Proses manajemen peserta didik pada pendidikan dasar (SD dan SMPIsederajat) tidak ada bedanya dengan manajemen peserta didik di sekolah menengah (SMA / sederajat). Benarkah pernyataan tersebut? Berikan alasan!

13.  Adakah kegiatan-kegiatan yang dari manajemen peserta didik yang pernah anda alami di sekolah yang belum disebutkan oleh para ahli dalam buku yang mereka tulis? Apa kegiatan-kegiatan tersebut?

14.  Apakah pengelompokan kegiatan manajemen pendidikan yang dikemukakan oleh Monroe (2011) itu telah lengkap? Apa alasan anda?

15.  Apakah sekolah-sekolah almamater anda melakukan ; proses manajemen peserta didik seperti yang dikemukakan para ahli tersebut?

16.  Kegiatan mana yang lebih banyak dilakukan sekolah dalam perencanaan penerimaan peserta didik baru, i menetapkan daya tampung kemudian menerima peserta didik baru, atau menerima jumlah calon peserta didik baru kemudian penetapan daya tampung? Mengapa ha1 ini terjadi?

17.  Adakah perbedaan antara penetapan daya tampung di sekolah swasta dengan penetapan daya tampung di sekolah negeri? Sebutkan apabila ada perbedaan!

18.  Apa komentar anda tentang persyaratan umur untuk masuk pendidikan dasar seperti yang tercantum pada Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 6 ayat (1) dan Pasal34 ayat (1) serta Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Pasal 69 ayat (1). Apakah perbedaan umur 7 tahun dan umur 6 tahun tersebut bertentangan?

19.  Dalam penerimaan peserta didik baru, apakah sekolah negeri memang harus membatasi atau membuat rayonisasi dengan membatasi 5% atau 10% peserta didik dari luar rayon? Apa keuntungan dan kelemahan dari sistem rayonisasi tersebut?

20.  Apa keunggulan dan kelemahan sistem penerimaan peserta didik baru dengan sistem online? Bagaimana sebaiknya sistem tersebut diimplementasikan?

Semoga 20 contoh soal ini dapat bermanfaat untuk pengembangan potensi anak bangsa di masa- ' masa yang akan datang, serta dapat digunakan atau memberi inspirasi dalam pembentukan karakter melalui manajemen peserta ' didik di satuan pendidikan. Amien.

Sebagai bentuk dukungan anda terhadap hal ini silahkan anda share kepada teman yang membutuhkan atau tulis komentar anda pada kolom komentar. Terimakasih.

Previous
Next Post »