MATERI VIDEO PEMBELAJARAN KIMIA DASAR

Diera digital sekarang ini Sumber belajar dapat kita temui berupa e-book, e-modul dan video serta  sumber belajar digital lainnya. dan berikut ini sumber belajar yang berbentuk Video sederhana yang dapat anda buka dan pelajari, bagi anda yang membutuhkan sumber belajar bidang kimia, berikut ini Video pembelajaran mata pelajaran kimia kelas 10 SMA/SMK semester 1 sesuai kurikulum 2013 dan sebagai sumber referensi untuk kurikulum merdeka belajar yang bisa anda manfaatkan:

 

 

 

Pengenalan Ilmu Kimia

 

Hakikat Ilmu Kimia dan Metode Ilmiah

Lihat Disini

 

Keselamatan Kerja Di Laboratorium

Lihat Disini

 

Struktur Atom

Materi pada video ini akan memberikan pengetahuan pada kalian tentang struktur atom dengan melihat penyebaran elektron di dalam atom dengan melihat konfigurasi elektronnya baik itu menurut model atom Bohr maupun model atom Mekanika Kuantum.

 

Teori Atom dan Perkembangan Model Atom

Lihat Disini

 

 

Teori Atom Mekanika Kuantum

Lihat disini

 

 

Sistem Periodik Unsur

Disini Anda akan diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara menentukan kedudukan atom tersebut dalam sistem periodik unsur berdasarkan konfigurasi elektronnya.Sifat-sifat periodik yang akan kamu pelajari antara lain jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, elektronegatifitas, sifat logam dan non logam. Bagaimana kecenderungan sifat-sifat ini dalam tabel periodik?

Hubungan Konfigurasi Elektron Dengan SPU

Lihat Disini

 

 

Sifat – Sifat Periodik Unsur

Lihat Disini

 

 

Isotop, Isobar, Isoton dan Konfigurasi Elektron

Lihat Disini

 

Ikatan Kimia

 

Ikatan ion atau elektrovalen adalah ikatan yang terbentuk karena gaya elektrostatik antara ion positif (+) dari unsur logam dengan ion negatif (-) dari unsur non logam. Sifat fisis senyawa ion antara lain titik leleh dan titik didih yang tinggi, larut dalam pelarut air, bersifat konduktor listrik. Ikatan kovalen adalah ikatan kimia yang terbentuk akibat kecenderungan atom-atom untuk menggunakan elektron bersama (share elektron) agar memiliki konfigurasi elektron seperti gas mulia terdekat. Beberapa sifat fisis senyawa kovalen sederhana antara lain bersifat lunak dan tidak rapuh, mempunyai titik didih dan titik leleh yang rendah, tidak dapat menghantarkan listrik dan tidak larut dalam air tetapi larut dalam pelarut organik

 

Kestabilan Unsur dan Struktur Lewis

Lihat Disini

 

 

Membandingkan Ikatan Ion dan ikatan kovalen

Lihat Disini

 

Jenis Ikatan Kovalen dan Jenis Gaya Antar Molekul

Lihat Disini

 

 

 

Bentuk Molekul Menurut Teori Domain Elektron

Lihat Disini

 

Senyawa-senyawa yang bentuk molekulnya simetris cenderung bersifat non polar dan titik didihnya rendah sehingga berwujud gas, sedangkan senyawa yang bentuk moekulnya non simetris cenderung bersifat polar dan memiliki titik didih tinggi sehingga wujudnya cair. Lalu bagaimana kita mengetahui bentuk molekul suatu senyawa?

Hibridisasi Orbital dan Bentuk Molekul

Lihat Disini

 

 

Video Pembelajran di atas Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk memahami materi – materi dasar pada bidang kimia terutama untuk peserta didik kelas 10 tingkat sekolah menengah.

 

 

Previous
Next Post »