SEDERET FAKTA DARI BUAH TIMUN, UNTUK LALAPAN HINGGA OBAT ALAMI.

Mentimun berbentuk herba lemah melata ataupun separuh merambat dan merupakan tumbuhan semusim, artinya sehabis berbunga serta berbuah tumbuhan mati. Mentimun, timun, ataupun ketimun( Cucumis sativus L.) suku labu- labuan adalah menggambarkan tanaman yang menghasilkan buah yang bisa dimakan. Wujud buah memanjang semacam torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, bercorak kuning pucat hingga jingga cerah.

 

Satu tanaman bisa menghasilkan 20 buah, tetapi dalam budidaya lazimnya jumlah buah dibatasi buat menghasilkan ukuran buah yang baik. Buahnya lazimnya dipanen kala belum masak benar buat dijadikan sayur- mayur ataupun penyegar, bergantung jenisnya. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah dan banyak dipercaya bisa mengurangi tekanan darah tinggi.

 

Mentimun bisa ditemui di berbagai hidangan dari seluruh dunia serta mempunyai kandungan air lumayan banyak di dalamnya sehingga berperan melegakan. Komsumsi mentimun sangat baik buat kesehatan.

 

Secara Universal Khasiat Mentimun yang sangat Terkenal yakni karena, Kandungan air yang tinggi; vit A, B, serta C dan mineral, kayak magnesium, kalium, mangan, serta silica, membuat mentimun jadi bagian berguna dalam perawatan kulit. Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, serta pembersih yang berkhasiat untuk kulit. Masker wajah yang memiliki sari mentimun digunakan buat mengencangkan kulit. Asam askorbat serta asam caffeic yang muncul dalam mentimun bisa mengurangi tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

 

Sedang manfaat lainnya bisa Anda simak penjelasan berikut ini:

1.       Baik buat Jantung serta makanan untuk hipertensi.

 

Komsumsi timun dapat menghindari menumpuknya lemak serta zat lain di bilik arteri. Penimbunan lemak dapat membatasi aliran darah yang masuk kedalam jantung. Terdapatnya kandungan magnesium, kalium, serta serat di dalam mentimun ini bisa menunjang mengendalikan tekanan darah. Dengan komsumsi mentimun bakal memelihara tekanan darah tidak begitu tinggi ataupun begitu rendah.

 

Pedoman diet menyarankan orang dewasa komsumsi 4. 700 mg( miligram) Potasium tiap hari serta 310- 410 miligram Magnesium, sebab konsumsi natrium dapat tingkatkan konsumsi kalium buat menghindari tekanan darah tinggi.

 

2.       Baik buat mencegah Diabetes

 

Mengkonsumsi mentimun sebagai minuman juice bisa membantu tingkatkan hormon spesial yang dibutuhkan oleh pankreas dalam memproduksi insulin dengan demikian timun membantu mengurangi gula darah.

 

Menurut riset, kulit mentimun memiliki antioksidan yang membantu metabolisme glikogen hati ketika pemrosesan gula darah, hingga menghentikan glukosa darah yang naik terlalu tinggi.

 

3.       Sebagai Anti- inflamasi

 

Timun mempunyai sifat anti- inflamasi meredakan Nyeri Sendi. Mentimun merupakan sumber silika yang diketahui bisa menguatkan jaringan sendi. Kandungan ini berperan mencegah infeksi serta menambah sistem imunitas tubuh. Para ahli yakin kandungan anti- inflamasi ini mencegah penyakit jantung, diabet, autoimun, depresi, hingga kanker.

 

4.       Melancarkan Pencernaan

 

Makan mentimun bisa membantu memperlancar buang air besar, sehingga bakal terhindar dari penyakit wasir. Kalori dari serat mentimun membantu tingkatkan kesehatan usus. Rutin makan mentimun dapat melancarkan buang air besar. Kandungan air dalam timun dapat mencegah makan berlebih serta membuat cepat kenyang.

 

5.       Mampu Mencegah Dehidrasi

 

Timun membawa nutrisi yang baik buat mencegah sembelit serta melancarkan pencernaan. Timun pula menambah asupan cairan dalam tubuh. Makan timun dapat mencegah dehidrasi( suatu kondisi bila tubuh kehilangan banyak cairan).

 

6.       Baik guna kurangi berat badan

 

Timun sebagai sayuran anjuran untuk menu diet. Bila kalian mau menurunkan berat badan, selain berolahraga memerlukan makanan bergizi. Timun menjadi sayuran tambahan selain biji- bijian, lemak sehat, serta protein tanpa lemak. Kandungan makanan tersebut membuat kenyang serta sebagai sumber tenaga.

Baca Juga  : Diet rendah garam

7.       Menyokong memperkuat tulang

 

Timun memiliki kalsium guna nutrisi tulang sehat serta kuat. Vit K juga membantu membekukan darah. Kandungan vit K ini ditemui dalam penelitian dari harian PLos Medicine. Peneliti menemukan perempuan menopause rutin mengkonsumsi 5 miligram vit K setiap hari dalam 2 tahun. Hasilnya sebanyak 50% wanita mengalami sedikit resiko patah tulang.

 

8.       Berkhasiat buat wajah

 

Saat ini ini banyak perawatan kulit memakai bahan timun. Contohnya, masker wajah yang berguna buat melembabkan kulit. Timun dapat membantu menghindari pembengkakan serta iritasi. Seiris timun dapat dipakai buat mencegah pembengkakan pada mata. Timun dapat mendinginkan, menenangkan kulit, hingga meredakan sengat matahari. Timun dapat dipakai toner wajah karna memiliki sifat astringen. Sifat ini dapat menolong mensterilkan pori- pori. Metode memakai timun buat toner natural Potong timun jadi lebih kecil. Blender hingga jadi juice. Sehabis itu saring serta kumpulkan sari- sari juice timun. Dinginkan di kulkas saat sebelum dipakai. Sesudah dingin oleskan pada wajah selama 30 menit. Bilas memakai air hingga bersih. Teknik membuat masker timun dengan yogurt Campurkan timun yang telah diblender dengan yogurt. Upayakan memakai yogurt tanpa perasa dan berwarna putih. Sesudah tercampur, oleskan pada wajah. Masker timun serta yogurt dapat mengatasi komedo.

 

9.       Baik buat kurangi penuaan

 

Kandungan antioksidan dalam timun dapat menghindari penuaan kulit. Vit C serta asam Folat bisa memicu perkembangan sel kulit baru. Sedangkan asam folat kurangi toksin yang mengendap dalam kulit. Kalian dapat menggosokkan kulit mentimun secara langsung pada bagian kulit yang iritasi. Tidak heran bila mentimun telah semenjak lama dijadikan salah satu obat rumahan buat menanggulangi jerawat serta kulit terbakar. Komponen ini dapat membuat kulit lebih kencang serta sehat.

 

10.    Baik buat kesehatan kulit serta rambut

 

Sebagian orang mempunyai masalah pada kulit. Beberapa orang memiliki kulit lembab, berminyak, normal, hingga kulit kering. Kulit kering kerapkali jadi permasalahan sebagian orang. Dari hasil study yang dilakukan timun kaya akan sumber air dan mempunyai kandungan vit C. Seluruh kandungan nutrisi tersebut sangat baik buat menutrisi kulit, sehingga timun dapat menolong melembabkan kulit. Jadi, tidak heran banyak produk kecantikan yang memanfaatkannya sebagai bahan utama.

 

Mentimun juga mengandung sulfur serta silikon buat perkembangan rambut sehat. Masker kombinasi mentimun serta lidah buaya berguna menanggulangi kehilangan cairan tubuh serta kulit kering.

 

11.    Antioksidan serta mengeluarkan toksin.

 

Kandungan Timun Air. Kalori. Protein. Lemak. Karbohidrat. Serat. Kalsium. Magnesium. Besi. Sodium. Fosfor. Potassium. Vit C. Asam Folat. Beta karoten. Vit K. Vit B. Vit A. Antioksidan. Antioksidan ialah zat dalam tubuh guna mengurangi radikal bebas serta mengeluarkan Toksin dari Tubuh.

 

Menurut riset, timun mempunyai sifat diuretik ataupun dapat merangsang produksi air seni. Dengan begitu, hal ini bakal semakin sering mendorong bakteri, racun- racun serta zat hasil metabolisme buat keluar dari tubuh lewat urine.

 

12.         Menanggulangi Mata Panda

 

Tidak cuma buat kulit iritasi, mentimun juga berguna buat meringankan bengkak di bawah mata. Kalian dapat memakai beberapa iritasi timun, setelah itu pakai irisan tersebut sebagai masker mata.

 

13.         Menyembuhkan Batu Ginjal serta Melindungi Kesehatan Ginjal

 

Mentimun memiliki silikon, fluorin, serta kalium, serta mempunyai kandungan kalori yang rendah. Kandungan tersebut dapat membantu merangsang ginjal guna membuang sisa metabolisme serta deposit lemak di dalam tubuh. Salah satu hasil riset menampilkan kalau jus mentimun suri mampu menghindari serta menyembuhkan penyakit batu ginjal.

 

 

Itulah Sederet manfaat Fakta dari timun untuk lalapan dan obat alami yang murah dan sangat dekat dengan kehidupan kita. semoga dapat bermanfaat.

SUMBER BACAAN https://kolesterolkita.com/
Previous
Next Post »