SEPERTI APA SIH ?, LALULINTAS WEB DI HARI MINGGU

Berawal dari pertanyaan yang saya dapatkan dari forum Quora, yang menanyakan tetang ; Seperti apa lalu lintas di hari Minggu?

Rupanya pertanyaan tersebut maksudnya menanyakan tentang Mengapa trafik web akan mengalami penurunan/ pengunjungnya turun saat hari minggu khususnya dan hari libur umumnya.

Dari pertanyaan tersebut maka saya coba untuk melihat beberapa sumber termasuk analisis trafik blog dari google console yang terjadi di blog saya sendiri, dan hasilnya seperti grafik berikut :

Dari realita data yang saya coba lihat , menurut saya ada dua point yang bisa dikemukakan disini :

1.    secara aktivitas personal dihari minggu

 

Saya berasumsi Kenapa pengunjung pada hari minggu lebih sedkit?, sebab mereka melepas lelah melepas kepenatan setelah 6 hari kerja, bisa pula jalan- jalan bersama keluarga ataupun nonton siaran langsung ditelevisi, yang secara garis besar kita bagi kayak penjelasan berikut:

 

a. Aktivitas Pekerjaan Libur

 

Hari Minggu ialah hari yang sangat ditungu- tunggu oleh pegawai, karyawan ataupun pelajar/ mahasiswa sebab umumnya menggambarkan hari libur. Hari dimana dapat berkumpul dengan keluarga ataupun rehat dirumah sehabis 6 hari bekerja. Tetapi gimana dengan blogger apakah hari minggu juga senantiasa ditungu- tunggu?, jika Saya lebih suka hari- hari biasa sebabnya karena umumnya trafik web dihari- hari biasa malah lebih besar dari pada hari minggu. Benarkah demikian?

 

Apabila pada hari kerja umumnya sebagian orang pada dikala jam istirahat kantor akan menghabiskan waktunya dengan browsing ataupun membaca berita- berita menarik lewat medsos serta web. Sebaliknya pada hari libur, kegiatan pekerjaan diberbagai lembaga ataupun industri dinonaktifkan. Sehingga mereka juga tidak akan begitu sibuk mencari data terpaut pekerjaan mereka di dunia maya.

 

Andaikan mesti membuka internet, setidaknya cuma buat hal- hal yang dikira berarti saja. Dikala libur akhir minggu, umumnya aktivitas orang- orang lebih banyak dihabiskan buat berikumpul dengan keluarga.

 

b. Liburan

 

Aktivitas dikala libur panjang banyak dimanfaatkan sebagian besar orang dengan melancong serta berjalan- jalan ke luar kota bareng keluarga, Olahraga, mengurus tanaman serta hewan kesayangan mereka, melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan hobi mereka, ataupun melaksanakan kegiatan apapun yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

 

Dikala hari libur kebanyakan netizen bakal lebih banyak mengisi waktu luangnya bersama keluarga, melaksanakan kegiatan bersama keluarga besar, bersilaturahmi, jalan ke mall, menikmati wisata kuliner serta lain sebagainya. pendeknya mengadakan refreshing.

 

c. Tidak Fokus Pada Smartphone

 

Pada umumnya web dibangun buat fokus pada postingan berisi ilmu pengetahuan, panduan, tutorial, pengembangan hobi serta pembahasan mengenai produk. Sedangkan pada hari libur, konsumsi smartphone buat perihal yang bersifat informatif semacam itu jumlahnya cenderung menurun sebab orang- orang lebih memilih beraktifitas bersama keluarga baik dirumah ataupun di tempat- tempat hiburan.

 

Hal ini membuat mereka cuma memakai gadget ataupun smartphone buat keperluan refreshing, ataupun hanya keperluan komunikasi saja.

 

2. secara analisis yang berlangsung di peramban google

 

Pada hari libur kayak minggu umumnya google mengeluarkan embrio algoritma baru yang hendak di terapkan di hari aktif kerja selanjutnya. Maka jangan heran jika SERP menunjukan polaritas serta skema yang betul- betul sangat berbeda dengan biasanya.

 

Untuk yang baru pertama kali alami perihal ini terutama di hari libur kayak minggu jelasnya, barangkali akan panik, kenapa? padahal sudah cocok aturan search engine, sama sekali tidak melanggar prosedur search engine, postingan murni serta otentik, fresh serta natural, tetap saja diberi rangking yang tidak potensial di SERP. Sarannya yakni jangan lekas panik! serta jangan buru- buru mengambil keputusan untuk mengadakan pergantian serta pengoptimalan secara besar- besaran, sebab apa? nanti jika telah masuk di hari aktif senin hingga kamis idealnya, maka hasilnya dapat tambah parah di SERP. Biarkan saja dahulu, asalkan postingan masih ada di SERP google walaupun dengan rangking yang kurang maksimal.

 

Dan yang sangat mengejutkan yakni search engine google lagi- lagi mengacak SERP yang mana tujuan dari pada itu sangat jelas dalam merestrukturisasi SERP serta cenderung memberikan peluang pada we/ web baru yang bahkan tidak dioptimasi sekalipun. Pun demikian seandainya kalian alami penurunan traffic dalam keadaan semacam itu jangan lekas panik terlebih melaksanakan pergantian struktur yang besar pada website sebab kadangkala dapat berakibat parah pada hari aktif selanjutnya.

 

Disaat ini sudah banyak sekali CMS yang gampang digunakan, terlebih lagi yang belum pernah membuat situs sekalipun, dalam hitungan jam bahkan menit telah dapat memiliki web yang bagus tanpa tau script pemrograman website sekalipun, tinggal install CMS ditambah install plugin SEO, jadilah semua tinggal diisi saja. Contoh paling nyata yakni milik wordpress yang mana sebagai CMS yang kaya fitur, terutama plugin- plugin SEO baik yang natural dan AGC.

 

Apa yang amat diharapkan google sebenarnya merupakan SEO yang alami, supaya kompetisi rangking SERP itu dapat fair serta pula memberikan hal yang betul- betul berguna buat pengguna( Manusia) bukan mesin pencari. Alami yang dimaksud: Domain mempunyai layak umur buat layak memiliki SERP serta traffic atas, Postingan fresh serta asli, dibangun serta dikerjakan dengan pembaharuan yang natural( Perlu keseriusan serta kejujuran), sebab cms semacam wordpress membolehkan owner web/ website memasukan postingan sebanyak- banyaknya setelah itu menjadwalkannya, biar seolah- olah semacam aktivitas yang alami, Meski demikian semenjak algoritma google hummingbird diluncurkan google telah mencium matrik ini serta telah mulai menyematkan ke dalam algoritma barunya, terbukti tidak hanya algoritma google berbau semantik, serta semakin jenius mendekati perspektif penjelasan manusia, Bisa jadi inilah yang gencar lagi dikembangkan google buat memenuhi kebutuhan pengguna internet.

 

Fakta kalau algoritma google sudah semakin mutahir kayak yang dipaparkan diatas, Contoh: kamu memiliki website/ web, belum genap berusia 1 tahun sesudah diindex google, entah gimana dengan bermacam berbagai metode sendiri, paling utama cara- cara yang jelas melanggar ketentuan dari search engine google, Belum genap berumur kurang lebih 5 bulan, Jumlah pengunjung yang didapatkan langsung fantastis dapat tembus diatas 500 pengunjung/hari atau bahkan malah ribuan, khusus visitor dari search engine nya. Maka sudah terpastikan itu cuma tinggal menunggu waktu saja, yakin ataupun tidak begitu masuk bulan selanjutnya bakal disabet google, serta traffic anjlokl. Itu masih mending dan efek terbesar yakni di sandbox,

 

BACA JUGA :

5 Tanda Seo Blog Dan Backlink Berfungsi Baik Dalam Meningkatkan Web Trafik Serta 5 Trik Tambahannya

 

DUA SARAN UNTUK ANTISIPASI BAGI YANG INGIN MEMPERTAHANKAN TRAFIK WEB NYA DI HARI LIBUR (MINGGU)

 

Memperoleh traffic visitor yang besar serta permanen dan menaikkan branding website, memanglah tidak gampang: memerlukan waktu lama serta cenderung optimasi SEO perlu kesabaran, SEM yang penuh warna- warni persaingan, akan tetapi alternative berikut barangkali dapat kamu coba:

 

1.    Buat konten dan Target Keyword

 

Hal berguna yang mesti dicermati ialah konten serta target keyword apabila mau membangun web supaya trafik bertahan dihari libur, yakni tersedianya informasi mengenai tempat Hiburan, mode, kuliner serta life gaya pada web kamu. Apabila keyword diatas tidak ada pada web kamu, dapat dipastikan keyword yang terjaring akan sangat sedikit di hari libur. Sebab kebanyakan orang akan mencari informasi mengenai hal- hal di atas pada disaat hari libur. Lebih- lebih jika web kamu cuma fokus pada satu Niche saja, dapat dipastikan trafik bakal turun. Itu sebabnya sebagian blogger lebih memilih web kombinasi ataupun gado- gado supaya menjaring keyword lebih banyak.

 

2.    Trend Pengunjung dan berpotensi viral

 

Konten yang aktual serta terupdate semacam berita, seputar hobi kayak olah- raga bakal jadi trend pilihan pengunjung web dikala akhir pekan serta hari libur. Terlebih umumnya disaat libur, sebagian orang memakai waktu dengan menonton serta bermain game online di rumah. Jadi sebaiknya kamu menambahkan Niche konten mengenai kegiatan sehari- hari misalnya tentang resep masakan, tempat- tempat kuliner, trik bayar, gaya hidup sehat serta lain- lain bila tidak kepingin mengalami penurunan trafik.

 

Maka salah satu solusinya yakni buatlah konten yang menghibur tetapi tetap memasukan informasi berguna di dalamnya. Contohnya membuat konten wisata alam, kuliner, olah- raga, games dan semisalnya.

 

Sementara itu yang dapat di informasikan, moga- moga review kali ini memberikan inspirasi serta semangat yang positif buat seluruhnya, menurut kalian apa sebab lain mengapa trafik web turun di hari- hari libur?.

 

 

 

 

 

 

 

 

Latest
Previous
Next Post »