TIPS MEMBUKA PINTU KARAKTER

TIPS MEMBUKA PINTU KARAKTER
TIPS MEMBUKA PINTU KARAKTER

Untuk menajamkan kemampuan dan memahami karakter murid serta orang-orang di lingkungan kita, perkenankanlah saya menuangkan gaya berkomunikasi sesuai golongan darah. Sepertinya memang mengada-ada, tetapi cobalah anda simak terus penjelasan berikut ini dan silakan Anda menarik kesimpulannya sendiri.

Sahabat - sahabat tercinta,  golongan darah ternyata menentukan cara orang berpikir, berucap, dan bertindak. Hal ini terutama diyakini oleh orang-orang Jepang secara lebih ketat.  Praktik pemilihan golongan darah ini dilakukan oleh orang-orang Jepang pada saat akan merekrut tenaga kerja untuk kebutuhan profesional.  Untuk jenis posisi tertentu, jenis golongan darah yang dibutuhkan akan berbeda dengan posisi-posisi yang lainnya.  Menurut keyakinan mereka,  tidak semua golongan darah dapat bekerja di semua posisi jabatan tertentu antara golongan darah satu dengan lainnya, sama baiknya.  Misalnya,  ada golongan darah tertentu yang tidak dapat menduduki posisi kepala pemasaran,  namun sesuai untuk bagian keuangan,  dan bagian-bagian lain begitu seterusnya.

Masyarakat Jepang meyakini adanya kepribadian, passion dan keunikan yang berbeda dari setiap golongan darah.  Bahkan,  saat ini tidak hanya orang Jepang saja yang meneliti tentang tipe-tipe golongan darah.  orang-orang di benua Amerika pun Intens menelitinya secara lebih mendalam.  adalah Furukawa Takeji yang berhasil mengungkapkan penelitiannya bahwa golongan darah seseorang akan mempengaruhi kepribadian dan karakter orang tersebut secara langsung.  setiap tipe golongan darah yaitu A, B, O dan AB memiliki profil kepribadian dan gaya komunikasinya masing-masing. Baiklah Mari kita bahas satu persatu

 pertama golongan darah A

 orang-orang dengan golongan darah A memiliki kekuatan karakter mengakar yang akan membantu mereka untuk tetap tenang dalam kondisi krisis,  ketika orang panik menghadapi situasi serupa.  Mereka cenderung menghindari konfrontasi,  dan sebenarnya kurang nyaman berada diantara banyak orang.  Mereka biasanya pemalu dan suka mengasingkan diri,  mereka mencari keharmonisan dan sangat sopan, tetapi sebenarnya mereka tidak pernah benar-benar cocok dengan orang lain.  Mereka sangat bertanggung jawab.  jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan, mereka lebih suka mengerjakannya sendiri.  orang-orang dengan golongan darah A ini selalu mengukir sukses dan sangat perfeksionis.  mereka juga sangat kreatif dan paling artistik di antara semua golongan darah yang ada.  gaya komunikasi mereka adalah tegas,  langsung ke pokok permasalahan dan, pasti, Tidak mencla mencle, teratur,  terstruktur serta terukur. Suaranya tegas dan biasanya mengendalikan jalannya percakapan.

kedua  golongan darah B. 

Orang dengan golongan darah B merupakan orang yang paling praktis di antara semua golongan darah yang ada. Mereka adalah spesialis di bidang yang mereka geluti.  Ketika mereka memulai sebuah proyek, mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mencoba dan mengikuti arahan yang diperlukan.  Jika mengerjakan sesuatu, mereka selalu fokus pada apa yang tengah dikerjakan. Mereka cenderung berpedoman pada tujuan dan mengerjakannya sampai tuntas, walaupun kelihatannya pekerjaan itu tidak mungkin dilakukan.  sayangnya Mereka cenderung kurang kooperatif. mereka lebih suka menuruti dan mengikuti gagasan mereka sendiri. Orang dengan golongan darah B ini memberikan perhatian lebih pada pikiran daripada perasaan. karenanya mereka terkadang tampak dingin serta serius. gaya komunikasi orang seperti ini adalah serius, sistematik, terinci, dan agak jelimet atau detil. mereka bisa menceritakan sebuah peristiwa lengkap dengan tanggal, bahkan jam kejadiannya.

 ketiga golongan darah O.

Orang-orang dengan golongan darah O adalah tipe orang yang tidak banyak ambil pusing, penuh semangat dan memiliki jiwa sosial tinggi. mereka adalah orang yang paling fleksibel di antara semua golongan darah yang ada. Mereka akan dengan cepat memulai sebuah proyek, namun mudah mengalami masalah ketika melanjutkannya dan tidak jarang diantara mereka yang dengan mudah menyerah di jalan. Orang orang dengan golongan darah O ini selalu mengatakan apa yang ada dipikiran mereka secara langsung. walaupun selalu jujur, mereka tetap menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, orang-orang bergolongan darah O ini memiliki rasa percaya diri yang sangat kuat. gaya komunikasi orang tipe ini adalah Ceplas Ceplos, langsung, dan berbicara dahulu baru berpikir kemudian. mereka sangat hangat, bersahabat, ceria, ramai, dan tidak pernah kehabisan bahan pembicaraan. berbicara adalah dunia yang mereka sukai, bahkan ketika mulut mereka berisi makanan sekalipun.

BACA JUGA: PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK

 keempat, golongan darah AB.

Orang-orang yang bergolongan darah AB susah dikelompokkan. mereka dapat memiliki karakter di kedua ujung spektrum pada waktu bersamaan. artinya, di satu sisi mereka pemalu namun disisi lain Sangat terbuka, mereka dengan mudah mengubah satu sisi ke sisi lain. Mereka dapat dipercaya dan bertanggung jawab, namun bila terlalu banyak dituntut, mereka tidak dapat bertanggung jawab. Orang orang dengan golongan darah O ini sangat suka seni dan metafisika. mereka tenang, damai , dan tidak terlalu memusingkan hal-hal yang berbau konflik. Mereka dikenal sangat sensitif namun penuh perhatian. Gaya komunikasi mereka adalah tenang, netral, kompromistis, mengutamakan keharmonisan dan kedamaian semua pihak, serta tidak ada konflik yang dibangun.

Dari penjelasan di atas memberikan sebuah gambaran dan petunjuk bahwa setiap pribadi adalah unik. setiap pribadi unik berdasarkan karakternya masing-masing. ada yang bisa bekerja sendiri, bekerja bersama-sama, atau kedua-duanya. dalam membentuk teamwork pembahasan seperti ini perlu dimiliki dan semua ini bisa dipelajari serta dirancang sejak awal demi hasil yang lebih maksimal. 

catatan :

Pada tahun 1927, Takeji Furukawa, dosen di Sekolah Guru Perempuan Tokyo, menerbitkan makalahnya yang berjudul "Penelitian Sifat Melalui Golongan Darah" di jurnal ilmiah Psychological Research. Gagasan yang dipaparkannya mendadak populer di kalangan masyarakat Jepang (Wikipedia)

DEMIKIAN SEMOGA BERMANFAAT DAN DAPAT SEBGAI REFERENSI BAAGI YANG MEMBUTUHKAN. sebagai bentuk dukungan silahkan tingglkan komentar Anda
Previous
Next Post »