Tips SEO URL Blog Baru

Di dunia digital saat ini, kehadiran online yang solid sangat penting untuk kesuksesan bisnis apa pun. Salah satu cara untuk meningkatkan kehadiran online Anda adalah melalui strategi optimisasi mesin pencari.

 

Strategi SEO dapat membantu bisnis Anda mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, yang menghasilkan lebih banyak lalu lintas situs web dan pelanggan potensial.  Cara ini sering disebut juga dengan SEO –On Page. Ini melibatkan berbagai teknik yang dapat Anda terapkan langsung di situs web Anda agar lebih ramah mesin pencari.

 

Sebelum kita focus pada Tips SEO URL blog baru. URL kependekan dari Uniform Resource Locator, berfungsi membawa Anda ke sebuah website spesifik yang ingin dituju, URL bisa diibaratkan alamat lengkap sebuah rumah  bagi yang baru membangun blog atau mau memulai Blog baru, kita pahami  terlebih dulu tips optimalisasi blog di bawah yah?.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan blog Anda dengan SEO dan memulai SEO on-page :

 

1.    Riset Kata Kunci: Identifikasi audiens target dan gunakan kata kunci yang relevan di posting blog Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Identifikasi kata kunci dan frasa relevan yang mungkin digunakan orang untuk mencari konten yang terkait dengan situs web Anda. Gunakan alat seperti Google Keyword Planner atau Moz Keyword Explorer untuk menemukan kata kunci populer dengan volume pencarian yang masuk akal.

 

2.    Konten Berkualitas: Berfokuslah untuk membuat konten berkualitas tinggi, informatif, dan menarik yang sesuai dengan audiens target Anda. juga Tajuk dan Pengoptimalan Konten: Susun konten Anda menggunakan judul (H1, H2, H3, dll.) untuk mengatur informasi dan mempermudah navigasi mesin telusur dan pengguna. Masukkan kata kunci target Anda secara alami ke dalam konten, tetapi hindari isian kata kunci.

 

3.    Gunakan Meta-Description: Gunakan meta-description untuk memberikan ringkasan posting blog Anda dan sertakan kata kunci yang relevan.dan  Buat tag judul yang menarik dan deskriptif untuk setiap halaman web Anda. Pastikan untuk memasukkan kata kunci yang relevan dalam tag judul untuk membantu mesin pencari memahami tentang apa halaman Anda.

 

4.    Tautan Internal: Sertakan tautan ke halaman lain di situs web Anda dalam posting blog, atau tautkan kembali ke posting blog lama, karena ini dapat membantu meningkatkan lalu lintas ke halaman tersebut dan meningkatkan SEO situs web Anda.

 

5.    Bagikan di Media Sosial: Promosikan posting blog Anda di platform media sosial untuk meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

 

 

6.    Pengoptimalan Seluler: Pastikan situs web dan blog Anda dioptimalkan untuk perangkat seluler, karena semakin banyak orang menggunakan ponsel cerdas mereka untuk mencari di internet.

 

7.    Pengoptimalan Gambar: Optimalkan gambar Anda dengan menggunakan nama file deskriptif dan tag alt yang menyertakan kata kunci yang relevan. Selain itu, kompres gambar Anda untuk memastikan waktu muat halaman lebih cepat, yang dapat berdampak positif pada pengalaman pengguna dan SEO.

 

 

Terlepas dari semua  di atas , kunci awal untuk memudahkan crawl dan pengindekkan  laman web dan pengunjung mengingat  untuk  membuka kembali laman blog  Anda maka, memformulasikan URL blog, adalah menjadi bagian penting dalam mendapatkan peringkat SEO. untuk itu bagi anda yang baru memulai membangun blog (blog baru), perlu mempertimbangkan dan menerapkan efektifitas sebuah URL blog,

 

Pertanyaannya ,URL blog yang efktif itu yang bagaimana?.

 

Biar tidak penasaran , inilah kriteria URL blog yag efektif dalam memenuhi standar SEO:

 

1.   Simple Dan Mengandung  Keyword

 

Struktur URL yang singkat, sederhana, dan mudah dipahami dapat menaikkan traffic blog.

Hal ini karena panjang pendeknya ukuran URL blog akan berpengaruh dengan keberlangsungan traffic blog. Buat URL yang bersih dan mudah dibaca yang menyertakan kata kunci relevan yang terkait dengan konten halaman. URL yang  terstruktur dengan baik dapat memberikan konteks tambahan untuk mesin telusur dan pengguna.

Sebelum memposting suatu konten blog, alangkah baiknya jika kamu mengetahui kaidah standar struktur URL blog.

Walaupun tidak ada kaidah yang pasti dalam pembuatan URL pada blog. Namun setidaknya anda bisa mengetahui unsur apa saja yang sering digunakan oleh para blogger dalam membuat URL untuk menaikkan SEO blog.

Pada umumnya ketika anda akan memposting  artikel baru di blog, URL blog tersebut akan disediakan secara otomatis oleh platform blog. Namun, URL blog yang disediakan tersebut terlalu rumit bahkan  tidak lengkap sesuai judulnya. seperti contoh url berikut

https://www.taufikiminia.com/2019/09/larutan-elektrolit-dan.html

 

 

Sehingga banyak blogger yang memodifikasi URL blog menjadi lebih sederhana dan mudah.

seperti

https://www.taufikiminia.com/2019/09/larutan-elektrolit-dan-nonelektrolit.html

 

Contoh URL blog seperti itulah yang banyak digunakan blogger.

Dengan URL blog yang sederhana, dari sisi user atau pengunjung akan merasa mudah. Begitu juga dengan search engine yang akan mudah untuk memahami halaman blog agar dapat ditampilkan sesuai dengan kata kunci.

 

2.   Tidak Membingungkan Dan Mudah Dimengerti

 

Semakin singkat URL blog, semakin baik.

Hal ini karena  URL blog yang baik adalah URL yang  tidak membingungkan user atau pengunjung dalam mengakses suatu blog.

URL blog yang panjang dapat membingungkan dan berpotensi  tidak dikunjungi oleh user atau pengunjung.

Terkadang user atau pengunjung juga akan membagikan URL ke user lainnya, jika URL panjang dan rumit akan menyusahkan. Ditambah lagi jika URL yang diberikan ke user lainnya tidak lengkap maka akan berpotensi tidak dikunjungi oleh user.

 

3.   Menggandung  Kata Kunci Utama (Main Keyword)

 

Main keyword biasa digunakan oleh para blogger untuk menaikkan peringkat SEO.

Selain memanfaatkan main keyword pada konten, kamu juga bisa menggunakan main keyword pada URL.

Misalkan: main keyword nya   “melacak link error”. Anda bisa menggunakan main keyword pada URL blog www.taufikiminia.com/error/melacak-ling-error  agar perintah SEO blog yang anda buat naik.

Apabila keyword yang Anda  gunakan pada blog sesuai dengan keyword pencarian oleh user, maka secara otomatis blog yang anda buat akan ditampilkan oleh search engine berpotensi paling atas.

Dengan demikian diharapkan akan banyak user lain yang mengunjungi laman blog yang kamu buat.

 

4.   Susun URL Blog Yang Benar

 

URL blog tidak hanya terdiri dari satu kata saja, dapat juga  tiga sampai lima kata.

Menuliskan URL blog yang sedikit panjang , harus menggunakan standar pembuatan URL blog.

Misalnya Anda akan menggunakan URL blog “cara membuat website untuk pemula”. Kamu tidak disarankan untuk menggunakan URL blog dengan struktur

 

www.taufikiminia.com/tips/caramembuatwebsiteuntukpemula.

 

Hal ini akan merugikan anda dari sisi SEO. Selain itu URL yang panjang dan rumit akan sulit diidentifikasi oleh web crawler, sehingga blog yang anda  buat tidak berada pada peringkat atas SEO.

 

Untuk itu, anda harus  menggunakan tanda hubung sebagai tanda pemisah,

contoh URL yang baik adalah

 

www.taufikiminia.com/tips/cara-membuat-website-untuk-pemula.

 

Jjadi Gunakan tanda penghubung sebagai pemisah perkata yang ada pada URL Blog

 

 

5.   Menghindari Penggunaan Kata Yang  Tidak Perlu (Stopwords)

 

Stopword adalah kata-kata umum yang biasa digunakan namun tidak memiliki arti atau informasi penting, sering disebut kata hubung.

Contoh stopword adalah “yang”, “di”, “ke”, “dan”, “atau”, “tapi”, dan masih banyak lagi.

Menghindari penggunaan stopword pada URL , bisa membuat URL lebih pendek dan mudah dibaca

Jadi URL blog yang baik adalah menghindari penggunaan stopword dalam URL blog.

 

 

6.   URL Tidak Terkesan Usang

 

URL blog terkesan usang bila dalam URL tersebut tercantum tanggal, bulan dan tahun, seperti contoh:

https://www.taufikiminia.com/2019/09/larutan-elektrolit-dan-nonelektrolit.html

Dengan tetap menyertakan tanggal pada URL, user akan beranggapan bahwa artikel Larutan elektrolit dan nonelektrolit tidak up-to-date. Hal ini karena tahun pembuatannya tertera pada 2019.

 

URL blog yang tidak menampilkan tanggal dapat meningkatkan traffic blog dan membantu menaikkan peringkat blog bertahan lama, karena akan membuat konten terkesan tetap relevan dengan pencarian yang dilakukan oleh user.

 

Dan lebih baik jika menghapus tanggal pembuatan blog, menjadi

 

https://www.taufikiminia.com/larutan-elektrolit-dan-nonelektrolit.html

 

 

Kita bisa menghilangkan tahun dan bulan pada URL postingan blog dengan mudah dengan menggunakan kode javascript dibawah ini . Namun perlu dipertimbangkan kembali sebelum menerapkannya, karena mengingat ada resiko cukup besar jika menerapkan pada blog yang sudah berumur tua dan trafiknya tinggi.

 

Cara menghilangkan Bulan dan Tahun di URL Postingan Blogspot

 

Ikuti langkah demi langkah berikut ini:

 

1.    Masuk ke Blogger

2.    Klik menu Tema > Edit HTML

3.    Cari kode <head> dengan cara Ctrl+f dan pasang kode JavaScript dibawah ini tepat dibawah kode <head> atau di atas kode </body>

 

<scrip ype=' ex /javascrip '> //<![CDATA[ // BloggerJS v0.3.1 // Copyrigh (c) 2017-2018 Kenny Cruz // Licensed under he MIT License var urlTo al,nex PageToken,pos sDa ePrefix=!1,accessOnly=!1,useApiV3=!1,apiKey="",blogId="",pos sOrPages=["pages","pos s"],jsonIndex=1,secondReques =!0,feedPriori y=0,amp="&amp;"[0];func ion urlVal(){var e=window.loca ion.pa hname, =e.leng h;re urn".h ml"===e.subs ring( -5)?0: >1?1:2}func ion urlMod(){var e=window.loca ion.pa hname;"p"===e.subs ring(1,2)?(e=(e=e.subs ring(e.indexOf("/",1)+1)).subs r(0,e.indexOf(".h ml")),his ory.replaceS a e(null,null,"../"+e)):(e=(e=pos sDa ePrefix?e.subs ring(1):e.subs ring(e.indexOf("/",7)+1)).subs r(0,e.indexOf(".h ml")),his ory.replaceS a e(null,null,"../../"+e))}func ion urlSearch(e, ){var n=e+".h ml"; .forEach(func ion(e){-1!==e.search(n)&&(window.loca ion=e)})}func ion urlManager(){var e=urlVal();0===e?accessOnly||urlMod():1===e?ge JSON(pos sOrPages[feedPriori y],1):2===e&&(accessOnly||his ory.replaceS a e(null,null,"/"))}func ion ge JSON(e, ){var n=documen .crea eElemen ("scrip ");if(useApiV3){var o="h ps://www.googleapis.com/blogger/v3/blogs/"+blogId+"/"+e+"?key="+apiKey+"#maxResul s=500#fields=nex PageToken%2Ci ems(url)#callback=bloggerJSON";nex PageToken&&(o+="#pageToken="+nex PageToken),nex PageToken=void 0}else o=window.loca ion.pro ocol+"//"+window.loca ion.hos name+"/feeds/"+e+"/defaul ?s ar -index="+ +"#max-resul s=150#orderby=published#al =json-in-scrip #callback=bloggerJSON";o=o.replace(/#/g,amp),n. ype=" ex /javascrip ",n.src=o,documen .ge Elemen sByTagName("head")[0].appendChild(n)}func ion bloggerJSON(e){var =[];if(useApiV3||void 0===urlTo al&&(urlTo al=parseIn (e.feed.openSearch$ o alResul s.$ )),useApiV3){ ry{e.i ems.forEach(func ion(e,n){ .push(e.url)})}ca ch(e){}nex PageToken=e.nex PageToken}else ry{e.feed.en ry.forEach(func ion(n,o){var r=e.feed.en ry[o];r.link.forEach(func ion(e,n){"al erna e"===r.link[n].rel&& .push(r.link[n].href)})})}ca ch(e){}urlSearch(window.loca ion.pa hname, ),urlTo al>150?(jsonIndex+=150,urlTo al-=150,ge JSON(pos sOrPages[feedPriori y],jsonIndex)):nex PageToken?ge JSON(pos sOrPages[feedPriori y]):secondReques &&(nex PageToken=void 0,urlTo al=void 0,jsonIndex=1,secondReques =!1,0===feedPriori y?(feedPriori y=1,ge JSON("pos s",1)):1===feedPriori y&&(feedPriori y=0,ge JSON("pages",1)))}func ion bloggerJS(e){e&&(feedPriori y=e),urlManager()}bloggerJS(); //]]> </scrip >

 

4.    Langkah akhir  Klik Simpan Tema

 

WARNING !

 

Dengan menerapkan kode diatas, maka semua artikel atau postingan yang sudah di indeks di Google akan hilang dan Google akan memperbarui dengan URL postingan tanpa tahun dan bulan.

Disarankan kode ini diterapkan pada blog baru

 

 

Upaya ini hanyalah beberapa teknik dasar SEO. Masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan, termasuk mengoptimalkan kecepatan situs web, daya tanggap seluler, dan memastikan pengalaman pengguna yang luar biasa. Saya harap ini membantu Anda memulai SEO!. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya. Semoga berhasil dengan perjalanan pengoptimalan situs web Anda.

Previous
Next Post »