Menjadi Guru Pembelajar Masa Kini

Peran Guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai salah satu kunci keberhasilan belajar peserta didik. Guru Profesional adalah guru yang kompeten membangun proses  pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter Prima. Salah satu kunci untuk dapat mewujudkan hal tersebut adalah Guru tersebut mau belajar dan terus belajar Prefesional dan Pedagogik.
Salah satu upaya pemerintah Pemerintah Melalui Kementrian Pendidikan Nasional adalah menyelenggarakan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB), agar upaya tersebut dapat dengan mudah di ukur, maka dipetakan menjadi sepuluh kelompok kompetensi.Upaya tersebut diatas tentunya akan menjadi kurang bermakna apabila selaku guru yang menjadi sasaran utama kurang dapat menindak lanjuti dengan sikap dan usaha yang kurang sungguh -sungguh. dan bagi anda yang ingin dirindukan siswanya dalam pemebelajaran bisa simak dua tips berikut 


Penelitian Ethna Reid menyimpulkan bahwa untuk menjadi guru yang baik ternyata yang paling utama adalah menanamkan 2 kebiasaan.
1.    Perbanyak memuji siswa, hindari mematahkan semangat belajar siswa dengan gerutuan dan
2.    memvariasikan metode mengajar antara metode menerangkan dan metode bertanya,  segera perbaiki kesalahan murid jika ada.
Metode ini dapat berhasil di belahan dunia manapun, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, bagi guru yang ingin murid-muridnya mampu lebih baik dalam menguasai pelajaran, persering menggunakan metode ini. 
Bagi orang tua yang ingin anak-anaknya dapat belajar dengan baik di sekolah, carilah sekolah dengan guru yang memiliki 2 kebiasaan tersebut.
Guru-guru dengan 2 kebiasaan ini mampu mengalahkan statistik dan membuat muridnya senang belajar di sekolah. Di rumah, orang tua juga dapat menggunakan 2 kebiasaan tersebut untuk mendidik anak. Dengan 2 kebiasaan sederhana ini, setiap anak akan kembali kepada fitrahnya, manusia yang cerdas.

Sumber: Patterson, Kerry. Influencer: The Power to Change Anything


semoga dapat menjadi inspirasi rekan semua

Seorang Pengajar Pada Sekolah Menengah Atas Di Jawa Tengah dan Penulis Free line Pada Blog.. Blog ini sebagai wujud sumbangsih pada dunia Pendidikan dan sebagai langkah nyata dalam membantu dan melengkapi sumber referensi bagi siapapun yang membutuhkannya. Siap Berbagi, Siap Belajar, dan Pembelajaran

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »