Pengertian Dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Pengertian PTK

Bentuk kegiatan inkuiri dalam kegiatan pembelajran yang mulai populer sejak berlakunya kurikulum 2013 adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Mengapa kegiatan ini menjadi populer??

Karena Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu bagian yang menunjang jenjang jabatan fungsional guru, sebagai kegiatan keprofesian berkelanjutan. sehingga sejak diberlakukanya peraturan bersama MENDIKNAS dan Kepala BKN NOMOR : 03/V/PB/2010 dan NOMOR : 14 TAHUN 2010 kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi komponen yang harus bisa dilaksanakan. Oleh Pendidik di semua jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan menengah

Rekan blogger sekalian. Pada kesempatan kali ini akan saya share mengenai Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Karaktristiknya. Walaupun hal ini jelas sudah banyak yang mengupasnya, namun tidak ada salahnya sebagai suatu khasanah keilmuan kita ulas kembali bukan???

1. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Di tinjau dari suku katanya Penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga suku kata, yang pertama Penelitian; menurut suharsimi arikunto (2006:2) penelitian adalah suatu kegiatan dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi penelitinya.
Jadi penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang suatu masalah berdasar atas fakta, konsep, generalisasi, dan teori yang memungkinkan manusia dapat memahami fenomena dan memecahkan masalah yang dihadapinya.

yang ke dua Tindakan; tindakan adalah kegiatan yang disengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Jadi dalam PTK, tindakan berbentuk rangkaian siklus kegiatan yang diperuntukan bagi siswa.
dan yang ke tiga adalah kelas., pengertian kelas secara luas adalah sekelompok siswa yang sedang belajar. Atau sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama melakukan kegiatan belajar mengajar yang sama dari guru yang sama pula (Suharsimi dkk 2006:3).

Jadi apabila merujuk dari ketiga suku kata di atas dapat disimpulkanbahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran yang berupa tindakan, dan sengaja dimunculkan serta terjadi dalam sebuah kelas bersama. Atau menurut pendapat Hopkin (1993: 1), mengemukakan bahwa, penelitian tindakan kelas adalah tindakan yang diambil guru untuk meningkatkan dirinya atau teman sejawatnya untuk menguji asumsi-asumsi teori pendidikan di dalam praktik, atau mempunyai makna sebagai evaluasi dan implementasi keseluruhan prioritas sekolah.

Dengan demikian sebenarnya penelitian tindakan itu secara alamiah telah dilaksanakan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Namun demikian, hal itu tidak secara otomatis dapat dikatakan penelitian tindakan, sebab ciri utama penelitian tindakan terletak pada perencanaan yang matang.

2. Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Setiap penelitian memiliki karakter tertentu yang membedakannya dari penelitian lainnya. Secara mudah , dapat diidentifikasi beberapa karakteristik Penelitian Tindakan Kelas, di bawah ini terdapat sepuluh karakteristik PTK yaitu sebagai berikut.

a) Masalah yang diangkat untuk dipecahkan melalui PTK harus berasal dari persoalan praktik  

    pembelajaran sehari-hari yang dihadapi oleh guru. Permasalahan penelitian hendaknya bersifat 

    konstektual dan spesifik.

b) Tujuan utama PTK adalah untuk meningkatkan/memperbaiki praktik-praktik pembelajaran secara 

     langsung daripada menghasilkan pengetahuan.

c) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlingkup mikro, dilakukan dalam lingkup kecil, bisa satu kelas 

    atau beberapa kelas di suatu sekolah tertentu, sehingga tidak terlalu menghiraukan kerepresen  

    tatifan sampel. Istilah sampel dan pupulasi tidak diperlukan dalam PTK ini, karena hasil PTK 

    tidak untuk digeneralisasikan.

d) Hasil temuan PTK adalah pemahaman mendalam mengenai kehidupan kelas.

e) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat praktis dan langsung relevan untuk situasi yang aktual 

    didalam dunia kerja atau dunia pendidikan.

f) Pada PTK, peneliti sebagai guru tetap melaksanakan tugasnya sehari-hari mengajar di kelas dan 

   guru sebagai peneliti dapat melakukan perubahan-perubahan atau pemecahan masalah untuk 

   perbaikan atau peningkatan pembelajaran.

g) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) termasuk jenis penelitian terapan yang melibatkan peneliti secara aktif mulai dari pembuatan rancangan penelitian, rencana tindakan, sampai pada penerapannya dengan modifikasi intervensi yang sesuai dengan perkembangan kelas.


h) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat fleksibel dan adaptif, membolehkan peneliti mengadakan perubahan-perubahan selama dalam masa penelitian dan mengorbankan kontrol demi kepentingan pelaksanaan on the spot experimentation dan inovasi.


i) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat dilaksanakan secara kolaboratif, yaitu kerja sama antara teman sejawat, atau kepala sekolah, dan pakar pendidikan, untuk berbagi kepakaran dan atas pemahaman terhadap kelebihan masing-masing. PTK dapat juga dilakukan secara individual (oleh seorang peneliti), dan atau dalam bentuk tim.


j) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan langkah-langkah berupa siklus yang sistematis, dengan urutan dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.


Demikian Pengertian Dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat saya postingkan semoga bermanfaat dan jika berkenan silahkan tinggalakan komentar sobat sekalian
First