Hillan By Musthafa



Perkembangan Musik Gambus Di Indonesia

Gambus merupakan salah satu jenis musik yang telah berusia ratusan tahun, dan hingga sekarang masih bertahan sekalipun ragam jenis musik lain seolah mengepung . Gambus berkembang sejak abad ke-19 bersama dengan kedatangan para imigran Arab dari Hadramaut, Yaman Selatan ke Nusantara.

Di negara asalnya Timur tengah Musik gambus ini dinamai oud.sesuai dengan alat musik utamanya sebagai ciri khas yaitu sejenis gitar yang di bagian belakangnya dibuat menggembung (gitar aud). Jadi, istilah gambus hanya dikenal di Indonesia. Hingga kini tidak diketahui siapa yang pertama kali menggunakan nama gambus.

Ciri lain dari jenis musik ini adalah menggunakan syair-syair kasidah, gambus mengajak masyarakat mendekatkan diri pada Allah dan mengikuti teladan Rasul-Nya. Oleh karenanya, gambus digunakan para imigran menjadi sarana dakwah di nusantara. seiring dengan berjalannya waktu musik gambus berkembang menjadi sarana hiburan.dan sarana untuk menjalin silaturahmi antar komunitas keturunan Arab.

Salah satu musisi gambus yang paling kesohor adalah Syech Albar, kelahiran Surabaya 1908, yang juga ayah penyanyi rock Achmad Albar. Pada tahun 1935, rayuannya telah direkam dalam piringan hitam His Masters Voice. Suara dan petikan gambusnya bukan saja digemari di Indonesia, tapi juga di Timur Tengah.

Seiring dengan perkembangan Zaman Orkes Gambus Mulai diminati oleh kaum muda tidak hanya dari kaum keturunan arab tapi juga masyarakat Indonesia pada umumnya tidak terkecuali masyarakat jawa, khususnya jawa timur sudah berkembang dengan sangat maju

Seorang Pengajar Pada Sekolah Menengah Atas Di Jawa Tengah dan Penulis Free line Pada Blog.. Blog ini sebagai wujud sumbangsih pada dunia Pendidikan dan sebagai langkah nyata dalam membantu dan melengkapi sumber referensi bagi siapapun yang membutuhkannya. Siap Berbagi, Siap Belajar, dan Pembelajaran

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »