6 OBYEK WISATA ALAM JAWA TENGAH OBAT PENGHILANG STRES

6 OBYEK WISATA ALAM JAWA TENGAH OBAT PENGHILANG STRES

Sibuk dengan rutinitas harian mulai dari urusan rumah , keluarga dan kerja akan menimbulkan kejenuhan dan bowring, jika hal ini di biarkan terus menerus maka akan mengakibatkan stress dan mengacaukan semua rencana yang sudah direncanakan. Ditambah lagi dengan adanya tekanan pandemic covid 19 yang sampai saat ini belum ada kejelasan selesainya.

Bila hal ini di biarkan maka bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh. menurut Nirmala Ika, seorang psikolog klinis dari lembaga holistic healing Enlightmind. Hal ini memicu timbulnya hormone kortisol. Kortisol berkaitan erat dengan hormon yang menyebabkan stress. Itulah sebabnya, Anda perlu meluangkan waktu di sela kesibukan untuk berwisata.

Salah satu  jenis wisata yang dapat menjadi pilihan Anda dan keluarga adalah wisata alam, mengapa ini menjadi alternative ?, ternyata jenis rekreasi ini bisa kurangi stress dan di masa pandemi Covid-19 ini berisiko rendah tertular Corona.

Pendapat ini dikuatkan oleh Nirmala ika sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Selasa (23/3/2021). “Karena itu wisata alam cenderung membuat kita menjadi lebih relaks, membuat mood kita menjadi lebih baik, membuat kita merasa lebih sehat dan akhirnya mengurangi stres dan ketegangan,”

Apa saja manfaat baik wisata alam itu?

Dalam riset yang dilakukan Marc Berman dari University of Michigan, Amerika Serikat beberapa waktu lalu terungkap keindahan alam banyak diyakini memiliki kemampuan spesial untuk membuat pikiran lebih segar. Disebutkan dalam studi itu, kalau orang yang badannya tidak fit atau terserang penyakit tertentu, relatif lebih cepat pulih setelah melihat rimbunnya pepohonan di alam bebas, dibandingkan mereka yang hanya melihat susunan gedung.

Bahkan dalam penelitian itu juga disebut, kalau orang yang tinggal di perumahan yang rimbun pepohonannya atau indah hamparan rumputnya, punya kemampuan fokus yang lebih baik dari mereka yang menetap di apartemen di tengah kota.

Seorang dokter dari Inggris pernah merilis penelitian dari kegiatannya mengumpulkan bukti bahwa orang cenderung lebih bahagia saat berada di pedesaan, perkebunan, atau sekadar menikmati taman. Sebabnya, desiran angin di tengah perpaduan pepohonan, bebatuan, dan sungai mampu menimbulkan efek rileks dan membuat pikiran lebih adem, sehingga rasa mumet atau pusing akibat berbagai urusan atau rutinitas sehari-hari pun teredam, dan jadi lebih bisa fokus dan berpikir tenang setelahnya.

Sebaliknya, orang yang jarang bersentuhan dengan alam cenderung mudah merasakan depresi dan kegelisahan. Jadi, kalau kepenatan sudah terasa mengarah ke stres, jangan tunda lagi untuk mengajak teman atau keluarga berlibur ke alam bebas.

Selanjutnya akan saya paparkan beberapa alternative wisata alam yang tidak membutuhkan anggaran terlalu besar dan cukup terjangkau, sehingga Tidak perlu jauh-jauh hingga ke luar negeri, Indonesia mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya di Jawa Tengah. Provinsi Jawa Tengah memiliki beragam objek wisata indah dan memesona sebagai  wisata alam seperti pantai dan pegunungan.

Beberapa wisata Jawa Tengah berikut bisa menjadi pilihan. Dengan beberapa rekomendasi tempat wisata Jawa Tengah berikut, Anda bisa menikmati pemandangan alam menarik dengan tiket perjalanan dan destinasi yang terjangkau. Untuk lebih mengenal obyeknya berikut ini paparan singkat dari wisata alam satu persatu:

6 OBYEK WISATA ALAM JAWA TENGAH OBAT PENGHILANG STRES

Karimunjawa

 

Rekomendasi wisata Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi pertama adalah Karimunjawa, Jepara. Ini merupakan objek taman nasional yang merupakan gugusan pulau yang terletak di Laut Jawa.

Di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam laut yang eksotis dan memesona. Tidak salah jika Karimunjawa dijuluki sebagai The Paradise of Java. Anda bisa melihat indahnya pemandangan terumbu karang, hutan bakau hutan pantai, serta 400 spesies laut, termasuk 242 jenis ikan hias. Selain itu, Anda juga bisa melihat fauna langka seperti elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Dieng

 

Tempat wisata Jawa Tengah yang tidak kalah menarik berikutnya yaitu Dieng. Dieng merupakan objek wisata dataran tinggi yang menyajikan pemandangan alam indah dan asri. Di sini, Anda bisa mengunjungi beberapa objek wisata Dieng yang menarik dan populer seperti Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Sumur Jalatunda.

 

BACA JUGA: 9 Tempat Wisata Dengan Nuansa Histori Nan Indah Terpopuler di Jawa Tengah

 

Objek Telaga Warna ini disebut-sebut mirip dengan Plitvice Lake di Kroasia. Sehingga tak harus jauh-jauh ke luar negeri, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang elok di Wonosobo, Jawa Tengah. Suasana sejuk khas dataran tinggi juga akan membuat Anda betah berlama-lama berada di objek wisata ini.

Gua Petruk

Gua Petruk

Tempat wisata Jawa Tengah yang bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya adalah Gua Petruk. Tempat ini diklaim sebagai gua terindah di Indonesia. Bukan tanpa alasan, gua yang terdapat di atas bukit setinggi 75 meter ini memiliki ornamen pahatan alam stalaktit dan stalakmit di sepanjang badan gua yang memesona. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah untuk berwisata alam bersama teman-teman maupun keluarga.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan sendang atau kolam pemandian dan ari terjun yang indah di dalam gua.

Brown Canyon

Brown Canyon Jawa Tengah

Brown Canyon juga menambah daftar wisata Jawa Tengah menarik yang patut dikunjungi. Ini merupakan tempat proyek penggalian yang sudah berumur 10 tahun lebih. Hasil proyek ini menghasilkan tebing-tebing bukit dan bebatuan sebagai pahatan alami. Brown Canyon tepatnya di daerah Rowosari, Semarang, Jawa Tengah.

 

Tempat wisata ini disebut mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat, yaitu bukit dengan bebatuan berwarna cokelat yang menjulang indah. Selain menikmati pemandangan, Anda pun bisa berburu foto dengan latar belakang Brown Canyon menarik untuk menambah koleksi foto di media sosial.

 

Sungai Progo

Sungai Progo

Tempat wisata Jawa Tengah bernuansa alam berikutnya adalah Sungai Progo. Sungai Progo sangat terkenal dengan olahraga arung jeram yang menarik dan menantang di Jawa Tengah. Jika Anda memiliki hobi olahraga ini, Sungai Progo bisa menjadi destinasi menarik dan menantang yang patut dicoba.

Di sini, Anda bisa menyusuri sungai sepanjang 12 kilometer dengan beberapa rute, mulai dari arung jeram Sungai Progo Atas, Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Ketiga rute lokasi ini menawarkan ketinggian yang berbeda-beda, sehingga bisa menambah pengalaman adventure semakin seru.

 

Pantai Pulau Panjang

 

Objek wisata Jawa Tengah yang tak kalah menarik berikutnya adalah Pantai Pulau Panjang. Ini merupakan pantai berpasir putih yang memiliki pesona alam laut dangkal yang indah dan memanjakan mata. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan dasar terumbu karang, hutan bakau, hingga pohon-pohon lebat khas hutan tropis yang terletak di bagian tengah pulau.

Selain itu, hutan tropis ini juga dikelilingi perdu dan semak yang sering kali disinggahi burung laut. Anda harus mengendarai kapal dari pantai Kartini untuk menikmati eksotisme Pantai Pulau Panjang dan segala pemandangan alamnya.

Demikian paparan singkat mengenai obyek – obyek wisata alam yang ada di Jawa tengah dan anda bisa menyesuaiakan budget tiketnya dan Anda beserta keluarga bisa berwisata alam dengan nyaman dan bahagia.

#tips kesehatan #obat stres #wisata alam #Jawa Tengah
Previous
Next Post »